Mengenal Sistem Operasi Ponsel

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sistem operasi pada ponsel. Kerap kali para pengguna ponsel mencoba mendownload aplikasi atau game untuk hp'nya baik melalui melalui komputer atau lewat browser hp. situsnya pun beragam dari getjar sampe waptrik. pas selesai download, ehh.... malah ga bisa.......=( oleh sebab itu kita harus mengenali dahulu sistem operasi pada hp kita agar aplikasi atau game yang didownload sesuai dengan sistem operasi hp kita dan tidak mubazir.....
sebelum lebih dalam ke pokok pembahasan, kita harus tau dulu apa sih sistem operasi pada hp itu.......? sistem operasi adalah software utama yang bertugas untuk mengatur dan mengkoordinasikan seluruh aktifitas ponsel. tidak seperti sistem operasi pada komputer, sistem operasi pada hp dibuat lebih sederhana.Kata kunci dari sistem operasi pada hp adalah keterbukaan SDK yang memungkinkan pihak developer software membuat software baru untuk dijalankan pada OS tersebut.Biasanya untuk mengakomodasikan kebutuhan pengguna ponsel yang masuk dalam platform ini, mereka memasang mesin virtual java, lengkap dengan sejumlah standart antarmuka atau API. Ponsel-ponsel ini kemudian disebut dengan ponsel Java. Contoh OS yang ada di ponsel sekarang ini antara lain Symbian, Iphone, Blackberry, Microsoft Windows Mobile, Linux dan Java.
nah sekarang kita bahas satu persatu sistem operasi yang ada pada ponsel-ponsel sekarang ini.
  • Symbian.
OS yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga pengguna ponsel dan OS ini sering dikaitkan dengan ponsel Nokia karena hampir dari awal OS ini ada,ponsel-ponsel pabrikan nokia sudah mengusung OS ini kedalam Ponsel-ponsel mereka. pada OS ini terdapat beberapa turunan, diantaranya.....:
Symbian 60 (S60).
Edisi pertama dari OS Symbian yang masih sederhana. Ciri yang paling mudah dibedakan dengan versi symbian yang lain adalah pada versi ini tidak ada fasilitas Thema (theme). Tampilanya hanya bisa dipersonalisasi hingga batas warna status bar'nya saja, seperti N-gage,N-gage QD, 3650, 3650, Siemen SX1, Panasonik X700 dan lain-lain adalah contoh ponsel yang menggunakan symbian versi ini.
Edisi kedua dari Turunan Symbian adalah S60 v7 dan v8 yang sering disebut juga Symbian 2nd Edition. yang membuat versi ini berbeda dengan versi sebelumnya adalah tersedianya fasilitas theme dan kita dapat membuat theme sendiri sehingga sisi personalisasi mengalami kemajuan pesat dikelompok ponsel ini. 6600,6630, N70 dan lain-lain adalah contoh ponsel yang menggunakan Symbian versi ini dan untuk yang v8 ini dikhususkan untuk handphone yang sering kita sebut nokia Kominikator (9210i,9300,9500,9500i).
Edisi terbaru dari symbian OS adalah generasi 3 (Symbian V9) yang sering disebut 3rd Edition. Ciri utama dari turunan yang satu ini adalah munculnya active idle dilayar stand-by yang bisa dipersonalisasi. seri handphone yang mengadopsi Symbian versi ini adalah N71, N73, E51, Samsung i550w, E75, dll.
Pada salah satu produknya, S60 juga mengalami percabangan yang cukup mengejutkan. hal ini ditandai dengan hadirnya edisi ke 5 (5th Edition) pada nokia 5800. Platform ini dihadirkan untuk mengakomodasi UI sentuh.
Symbian UIQ.
platform ini didominasi oleh produk-produk Sony Ericson. Mulai dari P800, P900, P910, M600, W960 dan seterusnya. Meskipun merek lain semisal motorola juga sempat bersaing merebut pasar di OS yang satu ini. UIQ merupakan OS symbian yang dikhususkan unutuk User Interface sentuh dan itu adalah salah satu ciri khas dari OS yang satu ini. Sampai saat ini UIQ sudah mencapai versi 3.0 yang diggunakan oleh SE pada G900.
  • Iphone.
Meski baru hadir di tanh air, sistem operasi milik Iphone ini tercatat sebagai OS dengan angka penjualan yang tinggai di dunia, dibawah symbian (per-akhir 2008). OS yang telah mencapai versi 3.0 ini merupakan turunan dari Mac OS X dengan berkonsentrasi pada kenyamanan User Interface laya sentuh. Menariknya, setiap perkembangan OS ini biasanay diikuti oleh peluncuran produk baru yang memuat OS anyar. salah satu ponsel yang mengadopsi OS ini adalah iPhone 3G (namun masih menggunakan v 2.0).
Pada versi 2.0 - 2.2 masih memiliki sejumlah kelemahan, diantaranya tidak adanya Bluetooth untuk A2DP dan berkirim file, serta tidak adanay MMS. Kelemahan-kelemahan versi ini telah diperbaiki pada v 3.0. Sayangnya, meski sifatnya terbuka untuk para developer, namun OS yang satu ini akan tersandung oleh mekanisme download dan instal yang sangat dibatasi. Seperti aplikasi dan game tambahan hanya bisa didownload via situs yang didedikasikan (aplikasion store) dan diinstal langsung ke ponsel.
  • Blackberry
OS ini bukanlah pemain baru pada industri ini, Jika dibandingkan dengan iPhone. Sampai saat ini OS yang satu ini telah mencapai versi 4.7.0.xxx yang telah dibenamkan pada produk Strom 9500.
OS yang dimiliki Blackberry pada intinya ditugaskan untuk menjembatani layanan BlackBerry dengan perangkat mereka yang dibuat khusus dengan kecenderungan utama pada wilayah bisnis. Khusus untuk versi teranyarnya, OS ini telah mengakomodasikan User Interface sentuh, serta fungsi multimedia yang lebih lawas dari versi sebelumnya.
  • Windows Mobile.
OS yang satu ini bisa dibilang dedengkotnya sistem operasi ponsel, namun produk usungan microsoft ini masih berada dibawah BlacBerry untuk masalah penjualan didunia. Layaknya BB (BlackBerry), awalnya Windows Mobile diperuntukan untuk mengakomodasi urusan bisnis via beberapa produk PDA-nya.
Penyebaran OS ini cenderung berbanding lurus dengan penggunaan OS diperangkat komputer. Karena sesama produk Microsoft maka windows mobile memiliki kompabilitas sangat luas dengan OS windows dekstop semisal XP ataupun Vista. Hanya saja UI yang dianggap terlalu kaku menjadikanya sulit untuk diterima debagian orang. Terlebih bila sudah menyangkut layar sentuh yang mengharuskan andil perangkat stylus di dalamnya. Font berukuran kecil akan menyulitkan penggunaanya dalam mengirimkan pesan dan merubah dokumen. Terlebih bila dibandingkan dengan BB.
Sampai saat ini versi OS yang satu ini telah mencapai angka 6.1. Dimana Platformnya terbagi menjadi dua, yakni tanpa UI sentuh (smartphone) dan dengan UI sentuh (PocketPC). Beberapa contoh Smartphone diantaranya adalah HTCS740, Samsung i600, Motorola Q9h dan sebagainya. Sedangkan perangkat yang menggunakan PocketPC diantaranya HTC Touch, Samsung Omnia, SE Xperia X1 dan sebagainya.
  • Linux-Java (K-Mobile).
OS yang satu ini tidak banya diterapkan pada ponsel. Tercatat hanya beberapa produk motorola yang dibuat dengan platform seperti ini. Demikian juga dengan terbatasnya ketersediaan aplikasi untuk OS ini.
OS ini merupakan hasil dari penggabungan Linux MontaVIsata dengan sebuah mesin virtual java yang disebut dengan KVM (K Virtual Machine). Untuk itu OS ini cenderung digunakan untuk mengakomodasi aplikasi java, Layaknya ponsel-ponsel Java. Anggota kelompok inipun masih sebatas produk motorola, diantaranya adalah E8, z6 dan sebagainya.
  • Java
Hampir semua produk yang ada dipasaran telah mengakomodasi platform Java. Mereka bisa disebut sebagai ponsel-ponsel java. Artinya, diluar platform pabrikan, kita masih disediakan sebuah mesin guna memperkaya isi ponsel baik dengan aplikasi maupun game tambahan.
Karena berupa mesin virual, maka sejumlah standar (API) telah ditetapkan. Selain membatasi, standar-standar ini juga akan membedakan antara satu pabrikan dengan pabrikan yang lain yang bisa disebut juga JSR (Java Specefication Request) yang ditetapkan oelh komunitas pengembang Java.
JSR secara khusus memperbolehkan serangkaian proses berjalan di mesin virtual tadi. Beberapa JSR memiliki kode yang berkaitan dengan fungsinya. Semisal JSR 184 untuk tampilan game 3D pada J2ME.
Sebagian besar ponsel SE dikenal memiliki kemampuan lebih dari sisi akselerasi Java. Hal ini mungkin saja terjadi karena ponsel-ponsel SE telah ditanamkan Java Virtual Machine dengan dukungan API yang kompleks.
alhamdulillah...........Akhirnya beres juga........=).
Sekarang anda sudah sedikit mengerti tentang Sistem Operasi pada ponsel anda masing-masing sehingga membuat anda tidak akan salah atau minimal mengurangi kesalahan mendownload game atau aplikasi untuk ponsel anda. Tau dulu sistem Operasi ponsel anda sebelum menambahkan aplikasi atau game pada ponsel.sekian dulu informasinya and thank's for reading.


Post a Comment