Tips Membuat Tampilan Program VB Terlihat Lebih Profesional

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat tampilan program VB terlihat lebih profesional dengan software yang bernama Codejock. CodeJock merupakan sebuah kumpulan control (activeX) yang berguna untuk menambahkan kesan profesional (khususnya dalam hal User Interface) pada program. Bahasa pemograman yang disuportnya-pun terbilang banyak. Mulai dari visual C++ sampai dengan VB dan vb.net (2003-2005).

Keunggulan dari ActiveX ini adalah dalam hal grafik yang membuat program akan terlihat lebih elegan dan profesional. Sebagai contoh. Pada ActiveX ini disediakan Suite Control yang merupakan kumpulan component yang didalamnya terdapat berbagai macam component seperti PushButton (tombol),textbox, combobox dan sebagainya. lah mang apa bedanya sama control bawaan VB? sebenarnya, letak perbedaanya hanya pada visualnya saja. control ini memberikan efek visual yang cukup menarik. seperti pada control PushButton. PushButton disni sama dengan control CommandButton pada control bawaan vb. lah mang apa bedanya? PushButton memiliki tampilan layaknya windows vista (dan masih banyak lagi efek visual yang disediakan) dan support gambar berformat *.Png. Tidak seperti tombol bawaan vb yang tampilan kaya windows zaman dulu dan format gambar yang dapat dimasukan sangatlah terbatas (walupun bisa disesuaikan dengan theme yang diggunakan oleh windows, namun harus menggunakan sebuah fungsi API dan sebuah file manifest). Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Fitur yang menarik lainya adalah pada control commandBar. Control ini berfungsi untuk membuat toolbar ala windows vista (sebenarnya masih banyak visual style yang bisa dipilih). berikut adalah contoh implementasi control-control yang ada pada suiteControl (Codejock) pada salah satu program yang saya buat.

   




Mungkin para pengguna office 2007, tampilan ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Namun ini merupakan aplikasi yang dibuat menggunakan commandBar pada Codejock dan bukan office 2007. Sangat menarik bukan, kita dapat membuat aplikasi yang memiliki tampilan yang sama dengan office 2007.....=) Pada bundel software ini disediakan CommandBar Designer yang berfungsi untuk membuat tampilan CommandBar pada aplikasi yang akan kita buat.

 

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang sangat menarik, tapi disini saya tidak akan membahas satu persatu component yang ada karena pada paket bundel program ini telah disediakan sample-sample berupa source code dalam pembuatan aplikasi yang sesuai dengan bahasa pemograman yang diggunakan. Tapi sayang software yang satu ini tidaklah gratis namun tinggal cari aja di om google dengan keyword Free Codejock atau semacamnya lah (ga sulit koq buat dapetin software ini). akhir kata thanks for reading dan maaf klo pembahasanya kurang lengkap dan mendetail. Semoga membantu.

Regard.

10 comments

Artikel yang bagus, sangat membantu.

Reply

@khoiryyah
makasih bos....berkunjung lagi yah :D

Reply

silahkan download codejock full version + crack
http://situskamil.co.cc/?p=308

Reply

kamil,,, boz linxny kok g isa ea,,, minta dung lagi,,,
buat admin tolong kasih linxnya ea,,makasih,,,
kalau mau kirim ke email riiscky_miza@ymail.com :e:

Reply

maksh artikelx sngt membntu
:)

Reply

bang bisa kasi contoh tampilan simpeg yg menarik gak?

Reply

@octriana :
yang menarik itu relatif om jadi bingung maw ngasih yang kaya gimana :t:

Reply

mas...pake codejock berapa ??? yg 15 ??
kalo bikin tampilannya bisa dirubah ga warnanya ?? soalnya bosan liatnya, warna biru muda seperti office 2007

Reply

iya yang 15...
bisa koq dirubah warnaya, liat di sample bawaan codejocknya juga ada

Reply

Post a Comment