Pilihan Browser Untuk Ponsel Anda

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview aplikasi browser untuk ponsel anda, browser pada ponsel memiliki fungsi yang sama dengan browser di komputer yaitu untuk berseluncur didunia maya, mulai dari membuka facebook (yang sekarang ini menjadi trend di indonesia), membuka email, blogging, surfing, dan sebgainya. namun sayangnya sebagian besar fitur ponsel hanya mengakomodasi tampilan WAP dan situs mobile. sebagai contoh http://m.facebook.com. Meski sudah representatif, tampilan macam ini masih memiliki banyak kekurangan, baik dari segi tampilan yang seadanya dan banyak dari situs mobile mengurangi fasilitas yang ada dari situs WEB-nya.
Solusi utama adalah menampilkan halaman WEB facebook dan situs lain secara penuh dilayar ponsel. dengan demikian semua fitur yang disediakan facebook dapat dinikmati secara penuh. semisal fitur upload foto yang tidak dapat dilakukan oleh browser bawaan ponsel.
Sebenarnya, ada ponsel-ponsel tertentu yang memiliki browser bawaan dengan kemampuan seperti ini. Namun sayang harganya juga lumayan. Lagipula browser bawaan tidak banyak melakukan kompresi file sehingga akan menyedot pulsa yang cukup besar. Jadi, untuk anda yang menggunakan ponsel biasa dengan browser biasa dapat menggunakan browser pihak ketiga untuk menghemat penggunaan pulsa.
Sebenarnya banyak browser web yang dibuat untuk lingkungan ponsel. Namun tidak semuanya memiliki fitur kompresi file yang bisa menghemat penggunaan pulsa. Lah koq bisa ngehemat pulsa dengan kompresi file..? Penjelasan sederhana tentang pertanyaan tersebut seperti ini. Biasanya size atau ukuran situs WEB standard bisa sampai 1 MB atau 1024 KB dan operator GSM maupun CDMA sekarang ini menawarkan komunikasi paket data yang dihitung melalui besarnya size halaman atau file yang didownload atau dibuka, tarifnya pun beragam . Sebut saja IM3, yang menawarkan akses paket data dengan tarif 1/KB. Coba bayangkan hanya jika kita membuka satu halaman WEB saja (yang ukuranya 1MB) kita dikenakan biaya sebesar 1024 rupiah.mahal bukan....? nah dengan metode kompresi file, kita bisa menghemat pulsa kita karena setiap request halamanan atau file, halaman tersebut tidak langsung ke ponsel kita melainkan tersimpan dahulu keserver browser tersebut yang kemudian dikompresi disana sehingga yang kita dapat adalah file hasil kompresi dari server tersebut. Jadi trik ini dapat meminimalkan penggunaan pulsa kita.
Nah setelah mengetahui apa itu kompresi file dan kegunaanya dalam menghemat pulsa, saya akan memberikan contoh aplikasi yang memiliki kompresi file yang cukup tangguh untuk melakukan hal yang ini.
  • Opera Mini.
Browser yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi pengguna ponsel yang memiliki mobilitas tinggi. Software ini memiliki fitur kompresi file yang lebih efektif sehingga membuka halaman WEB akan terasa lebih mudah di layar ponsel. Sorftware ini tersedia untuk ponsel-ponsel yang berbasis java dan bersifat free atau gratisan...=).
Khusus untuk halaman facebook, browser ini mampu menampilkan halaman tersebut dengan baik (dalam versi mobile). Namun untuk versi WEB, kita diharuskan merubah setingan-setingan pada browser yang satu ini. misalnya ukuran font, kualitas gamabr, efek layar dasar dan yang paling penting adalah hilangkan centang pada tampilan ponsel (Mobile view) agar kita bisa menampilkan halaman WEB dari situs tersebut.
Untuk mendownload browser yang satu ini kita bisa langsung kesitus resminya atau di getjar dengan alamat http://www.getjar.com/product/3334/OperaMiniWebbrowser.
  • UCWEB.
Browser yang satu ini diperkenalkan di cina dan mendapat sambutan baik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sama seperti OperaMini, browser ini melakukan kompresi file yang terbilang efektif (mungkin klo menurut saya pribadi melibihi kompresi file yang dilakukan oleh OperaMini). Sehingga membuka halaman WEB bukan lagi menjadi momok yang menakutkan.
UCWEB yang telah mencapai versi 6.3 ini memiliki kelebihan pada tampilan yang menarik serta tanpa setinggan awal yang beribet seperti Opera mini. Kelebihan lain yang dimiliki browser ini adalah kecepatan download yang melibihi Operamini. Hal ini bisa dirasakan saat melihat halaman penuh dengan gambar. bahkan jika dibandingkan dengan Opera saat mengakses situs mobile.
Demikian halnya pada saat Upload foto pada facebook. Proses ini berlangsung relatif lebih cepat dibandingkan dengan OperaMini. satu lagi fitur yang paling menarik (menurut saya). aplikasi ini dapat melakukan multi tab sama seperti pada browser pc anda (mozila, opera, flox) yang memungkinkan membuka lebih dari satu situs secara bersamaan. Fitur ini menjadi nilai plus browser yang satu ini dibandingkan dengan operaMini (saya pribadi lebih senang menggunakan browser yang satu ini).
Untuk mendownload aplikasi ini bisa langsung kesitus resminya http://www.ucweb.com/English/index.shtml
  • TeaSHARK.
Software ini bisa dibilang paling ringan dibandingkan dengan kedua browser diatas dan memiliki ukuran/size yang lebih kecil pula. Namun fitur yang ada tidak kalah hebat dengan kedua browser diatas, jadi browser yang satu ini bisa dijadikan browser alternatif untuk ponsel anda.
Sama seperti browser web yang lain, teashark  juga dapat melakukan kompresi file dan rendering halaman web agar bisa ditampilkan sama baiknya dilayar ponsel. Sayangnya proses kompresi file pada software ini masih dibawah kedua browser yang lain. hal ini bisa kita rasakan saat membuka halaman situs web yang masih berukuran besar (sama dengan tampilan di PC). Akibatnya halaman situs tersebut tidak dapat tertampil penuh. Kecuali jika kita melakukan fitur Zoom Out.
Untuk mendownload aplikasi yang satu ini bisa langsung kesitus resminya http://www.teashark.com/index.shtml
Nah setelah mengetahui apa saja browser buat ponsel anda, anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda dengan mempertimbangkan kemudahan dalam penggunaan dan apa saja fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut (saya pribadi lebih suka menggunakan UCWEB karena fitur multi tabnya).Akhir kata thank's for reading and maaf klo ada penjelasan yang kurang tepat dan ga jelas. disini saya hanya memberikan informasi yang saya ketahui.regard.


1 comments :

wah...infonya sungguh membantu!

Reply

Post a Comment